ormula 1 adalah satu perangkat aturan teknis untuk balap
mobil kursi tunggal (single seater) yang diumumkan oleh Fédération
Internationale de l'Automobile (FIA),lembaga tertinggi yang bertanggung jawab
atas segala jenis olahraga otomotif. Aturan tersebut dibuat tahunan serta
menjelaskan secara rinci ukuran maksimal dan minimal kapasitas mesin, aturan
teknis, dan aturan keselamatan pembalap serta penonton. Mobil yang dibangun
dengan aturan ini disebut dengan mobil Formula 1 dan perlombaan yang
menggunakan mobil tersebut dinamakan balap mobil Formula 1. selain itu ada
spesifikasi kelas lainnya dari FIA, seperti F-3 dan F-3000. Namun Formula 1
ialah tingkat kompetisi tertinggi yang terdapat di dunia olahraga otomotif.
Setiap pembalap yang ikut ambil bagian dalam kompetisi
Formula 1, baik sebagai pembalap utama maupun cadangan wajib memiliki super
license, sebuah tanda masuk bagi calon pembalap Formula 1 yang dikeluarkan FIA.
Untuk mendapatkannya seorang calon pembalap diharuskan mengendarai mobil
Formula 1 sepanjang 300 km dan disaksikan oleh wakil dari FIA. Apabila mereka
menilai bahwa pembalap tersebut layak untuk berlomba di Formula 1, FIA akan
memberikan super license dan sang pembalap bebas mengikuti lomba Formula 1.
Sejak mesin bensin diperkenalkan Nikolaus Otto pada 1876,
dinamikanya sangat pesat mengikuti gaya hidup manusia. Salah satunya, keinginan
untuk berkompetisi. Sejarah mencatat pada tahun 1894, balapan antar kota Paris
ke Rouen menjadi cikal bakal balap F1. Saat itu mobil bisa ditumpangi lebih
dari seorang. Aturan tak seketat sekarang, bahkan ada acara untuk makan siang.
Hampir seluruh kompetisi dilangsungkan menempuh jarak antarkota. Jalanannya
kotor, berdebu dan tanpa fasilitas sama sekali. Pesertanya berasal dari beberapa
negara. John Gordon Bennet, seorang raja koran Inggris tercatat sebagai orang
pertama yang mempeloporinya. Sirkuitnya mengambil jalan umum yang ditutup.
Sejak itu, jumlah sirkuit tertutup yang dibangun semakin banyak bermunculan di
Eropa. Pabrikan mobil yang ikut serta juga bukan hanya Peugeot dan Panhard.
Mercedes-Benz, Bugatti, Maserati, Auto Union dan Alfa Romeo meramaikan di awal
dekade 30-an.
T
|
eknologi mesin balap juga semakin meningkat. Dimulai Prof.
Ferdinand Porsche, kepala desainer Auto Union, yang menciptakan mesin 4400 cc
bertenaga 295 dk. Mercedes ikut bereaksi dengan mesin 4700 cc yang berkemampuan
470 dk. Auto Union menambah kapasitas mesinnya menjadi 6000 cc yang sanggup
menghasilkan tenaga 520 dk. Puncaknya pada 1937 ketika Mercedes merilis W125.
kapasitas mesin 8 silinder ini mencapai 5600 cc dan menghasilkan tenaga 580 dk.
Supercharger sebagai komponen pendongkrak tenaga sudah lazim dipakai.
Kelanjutan balapan ini sempat terhenti saat masa perang dunia I dan II. Baru
pada 13 Mei 1950 balap F1 resmi digelar di sirkuit Silverstone, Inggris.
Kompetisi dibuka Raja George VI dan Putri Elizabeth. Di lomba ini pula istilah
Grand Prix diperkenalkan.
Balapan pertama diikuti 21 peserta dengan kendaraan single
seater gerak roda depan. Meskipun dilengkapi supercharger, mobil masih sulit
dikendalikan di trek. Pembalap legendaris yang muncul adalah Juan Manuel
Fangio. Ia menjuarai beberapa kejuaraan memakai Alfa Romeo, Mercedes, Ferrari
dan Maserati.Pada tahun ini pula Ferrari sebagai pabrikan asal Italia,
menorehkan sejarah. Pembalap Ascari, Fangio dan Hawthorn berhasil menarik
perhatian publik dengan menjuarai beberapa GP di rentang 1952-1958.
Perubahan mulai muncul di era 1960-an. Salah satunya
pergantian gerak roda belakang. Perubahan ini juga membuat keuntungan di titik
gravitasi yang lebih rendah. Konsekuensinya posisi pengemudi menjadi lebih
rebah. Sasis monokok diperkenalkan Colin Champman pada 1963 di mobil 25/33.
kendaraan ini pula yang sempat mendominasi beberapa lomba dengan pembalap Jim Clark.
S
|
eperti era sebelumnya, di dekade 1970-an ditandai dengan
kemajuan revolusioner teknologi balap. Setidaknya tercatat 3 inovasi baru di
bidang ini. Yaitu revolusi aerodinamika, peranti turbo dan siluet sasis.Peran
aerodinamika mulai mendapat perhatian di musim 1968. Peran mesin menuntun
kemampuan bentuk sasis yang prima. Ketika itu Ferrari mempelopori pemakaian
sayap (wing) di mobil 312 pacuannya. Hal ini merupakan perubahan signifikan
karena sebelumnya seluruh mobil F1 berbentuk seperti cerutu. Dengan revolusi
aerodinamika ini, daya tekan mobil ke aspal bertambah meskipun bergerak pada
kecepatan tinggi dan berada di tikungan. Ditambah bagian bawah sasis yang
dibentuk sedemikian rupa agar mampu mengalirkan udara lebih lancar.Pada dekade
ini Jackie Stewart dan Niki Lauda muncul sebagai penguasa. Keduanya berhasil
menjadikan balap F1 makin digemari penduduk dunia. Terbukti pihak sponsor
berlomba lomba untuk berpromosi di ajang tersebut.
M
|
elangkah ke tahun 1980-an, teknologi mesin turbo makin
berkembang. Jika pada 1977 Renault mampu mencapai tenaga sebesar 500 dk, mesin
BMW 4 silinder tahun 1985 mampu menghasilkan 1200 dk. Dengan ini pula Nelson
Piquet menjadi juara dunia 1985 dengan Brabham BT54.Kecelakaan yang menewaskan
Gilles Villeneuve pada 1982 menandai bahayanya sebuah balapan F1. Tuntutan
fisik dan mental yang prima adalah hal yang tak bisa ditawar tawar lagi.
Pembalap professional harus lebih disiplin.Keadaan tersebut tidak membuat nyali
pembalap ciut. Terbukti di era 1980-an ini muncul legenda baru Ayrton Senna.
Pembalap Brasil ini kemudian menjadi simbol kebangkitan pembalap F1 Modern.
Sayangnya, sebuah kecelakaan fatal telah merenggut nyawanya di tikungan
Tamburello, Imola pada 1994.
Balap F1 semakin populer, dunia menjadikan kejuaraan ini
sebagai simbol balap mobil dunia. Para pembalap menjadi tokoh selebriti dunia
dan memiliki jutaan fans. Michael Schumacher layak dijadikan simbol era
1990-an. Seiring dengan ketertarikan dunia, lahan balap ini menjadi perhatian
sentral. Kegiatan ekonomi dan keuangan banyak terlibat di dalamnya. Munculnya
tim tim papan atas yang kuat dapat dijadikan indikator.
Pada milenium ketiga, teknologi balap melangkah lebih jauh.
Aerodinamika mendapat banyak perhatian. Namun yang utama penggunaan komponen
komponen elektronik makin berperan vital. Termasuk dengan cara mengadopsi
teknologi luar angkasa.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Formula_Satu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar